Kenali, Bahaya Memakai Softlens Bergantian Serta Larangan saat Memakai Soflens!

By | September 21, 2019
5/5 (1)

Kini menggunakan softlens menjadi sebuah trend di kalangan para remaja khususnya para wanita. Tidak sedikit pengguna yang menggonta-ganti sebuah softlens agar mendapatkan warna bola mata yang indah. Akan tetapi, kamu pahami terlebih dahulu mengenai bahaya memakai softlens bergantian. Bahaya memakai softlens bergantian pada pembahasan kali ini memiliki arti gonta-ganti merk softlens ataupun bergantian dengan teman.

Oleh sebab itu, celotehanpedia.com akan berikan informasi akan hal ini yang bertentangan dengan dampak negatif menggunakan softlens secara bergantian. Lalu, Apa saja efek negatif yang di timbulkan ? berikut penjelasannya!

bahaya memakai softlens bergantian

Bahaya Memakai Softlens Bergantian

Setiap produk kecantikan pastinya memiliki manfaat serta dampak negatif tersendiri bagi para penggunanya. Betulkan ? Nah, sama halnya dengan efek samping menggunakan softlens secara bergantian. Yuk kita bahas! Baca Juga : Merk Softlens yang Berbahaya

1. Iritasi Pada Mata

Hal ini terjadi di karenakan tidak sesuai dengan prosedur yang sudah di tetapkan. Pada dasarnya, mengganti softlens atau pemakaian secara bergantian bukanlah hal yang tepat untuk mendapatkan warna yang bagus pada mata kamu.

Akan tetapi, lensa kontak ini bisa saja terkontaminasi oleh kotoran debu atau lainnya. Kamu tidak menyadari akan cara menggunakan pada lensa kontak mata ini. Asalkan jika di gunakan cocok. Ya, pasti kamu gunakan.

Hal tersebut merupakan hal yang sangat fatal. Kamu tidak memahami masalah apa yang akan datang selanjutnya. Salah satunya iritasi pada mata kamu.

Kemunculan utama yakni rasa gatal serta di iringi dengan warna pada mata kemerahan. Bukan hanya itu saja, ada bahaya lainnya yang menjadi masalah pada mata kamu, seperti berikut

2. Pembengkakan Pada Mata

Hal lainnya, dari bahaya memakai softlens bergatian ialah pembengkakan pada mata. Penyakit ini bisa di sebut dengan Penyakit Edema. Kemunculan penyakit ini di tandai dengan mata merah, berair, dan bengkak. Selain itu, hal ini akan mengakibatkan pandangan mata kamu akan sedikit terganggu.

Mengapa bisa terjadi ? Area mata pun membutuhkan oksigen yang cukup. Di karenakan penggunaan softlens tidak baik. Maka oksigen yang diperlukan oleh mata jadi terganggu.

Langkah yang paling efektif untuk Kamu lakukan ialah stop penggunaan lensa kontak. Segera konsultasi kepada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan utama.

3. Infeksi Kornea pada Mata

Penggunaan secara bergantian atau mengganti secara terus menerus merupakan hal yang sangat fatal. Hal ini lah yang dapat menyebabkan infeksi kornea pada mata kamu.

Ketidak higenisan softlens menjadi pemicu utama terjadinya infeksi kornea pada mata. Oleh sebab itu, Bakteri ataupun kuman yang menempel pada softlens membuat terjadinya infeksi kornea mata.

Ada hal lainnya yang memicu yakni kurangnya kebersihan pada tangan kamu. Pastinya, penggunaan kontak lensa itu di pasang serta di lepaskan dengan menggunakan tangan kan ? Nah hal ini juga bisa menjadi penyebab kedua dari infeksi kornea mata kamu.

Selain itu ada penyebab 3 lho. Yakni pembersihan pada softlens. Waspadai cairan pembersih softlens yang terkesan murah dengan kualitas yang abal abal. Hal ini bisa menjadi pemicu infeksi kornea pada mata kamu.

Bukan hanya bahaya memakai softlens bergantian saja, akan tetapi terdapat larangan bila sedang menggunakan softlens. Yakni apa saja ?

Larangan Saat Memakai Softlens

1. Saat Tidur

Hindari tidur jika masih mengenakan softlens. Di karenakan kornea pada mata akan kekurangan oksigen yang cukup serta membuat bakteri yang mengumpul pada area mata terjebak. Hal ini dapat menyebabkan infeksi kornea pada mata kamu.

Bahkan, sebuah penelitan membetulkan pernyataan tersebut lho. lebih dari 70% beresiko terkena penyakit infeksi kornea pada mata. Serem juga ya guys!

2. Jangan Gunakan Softlens Kadaluarsa!

Hal ini sih sering di anggap remeh dari sebagian pengguna, “cuma lewat 1 sampe 3 hari mah gapapa kali”. Mungkin pernyataan tersebut terlintas di benak kalian.

Bahaya softlens yang kadaluarsa lebih cepat menimbulkan masalah yang serius bagi mata kamu. Salah satunya infeksi serta iritasi pada mata.

3. Hindari Pembersihan Softlens dengan Cairan Palsu!

Biasanya, cairan palsu ini di iming imingi dengan harga yang relatif murah serta kualitas yang bagus. Akan tetapi, Hal tersebut malahan akan membuat masalah baru pada area mata kamu.

Jangan pernah menyepelekan kesehatan pada mata kamu, Kebutaan bisa saja terjadi dari mulai hal sepele lho. Jaga kesehatan yaa guys.!

Bahaya Softlens Untuk Mata Normal

Sering terjadi di kalangan kita, Banyaknya pengguna yang memiliki mata normal ingin mencoba menggunakan softlens guna mendapatkan warna mata yang lebih berwarna.

Pada umumnya, Softlens merupakan alat bantu untuk penglihatan seseorang. Akan tetapi, seiring perkembangannya zaman. Hal tersebut berbeda. Lantas apa saja bahaya softlens untuk mata normal ?

  • Iritasi
  • Infeksi Pada Area Terluar Mata
  • Alergi
  • Hingga, Gangguan Penglihatan Sampai Kebutaan

Bagi kamu yang ingin coba coba padahal mata kamu normal. Sebaiknya hindari penggunaan softlens.

Seperti di atas penjelasan lengkap mengenai bahaya memakai softlens bergantian. Jika kamu memiliki informasi tambahan, kamu bisa berbagi di dalam komentar.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan